METABOLIT SEKUNDER TANAMAN KENIKIR DAN TANAMAN BENALU

METABOLIT SEKUNDER TANAMAN KENIKIR DAN TANAMAN BENALU

A.    Manfaat dan Khasiat Tanaman Kenikir
Kenikir merupakan tanaman perdu yang berdaun majemuk yang bersilangan dan berhadapan. Berbau khas, berbunga majemuk dan berakar tunggang. Daunnya berbentuk panjang-panjang dengan bunga berwarna kuning sedikit oranye, merah, jingga, atau kuning. Tanaman ini, termasuk dalam kelas plantae, devisi spermatophyta, kelas magnoliophyta, ordo fabales, family dari basteraceae, genus dari Cosmos, dan spesies dari C. caudatus, serta mempunyai nama ilmiah Cosmos caudatus kunth.

Kenikir sangat populer di Negara belahan Asia. Secara tradisional, penduduk di sana menggunakan tanaman ini untuk memperbaiki sirkulasi darah, pencegah penuaan dini, menurunkan panas pada tubuh, dan memperkuat tulang belakang karena kandungan kalsium yang sangat tinggi, serta menghilangkan bau mulut (napas) yang kurang sedap. Kandungan didalamnya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita, karena mengandung Saponin, flavonoid polifenol dan minyak atsiri, diantaranya  bisa menambah nafsu makan, memperkuat lambung,dan kandungan minyak atsirinya mampu mengusir nyamuk dan serangga lainya.
Ternyata tumbuhan yang ukuran tingginya rata-rata satu meter ini banyak sekali manfaat apabila kita konsumsi secara teratur, melalui sebuah lembaga penelitian lain yang mempelajari secara lebih dalam kandungan senyawa antioksidan kenikir, sudah ditemukan 4 senyawa kuersetin yang memang menunjukkan aktivitas antioksidan yang sangat kuat, apabila  dibandingkan dengan senyawa antioksidan standar, yaitu tokoferol (vitamin E).
Daun Kenikir biasanya disantap sebagai sayuran urap, sayuran pelengkap dalam nasi pecel. Rasanya nikmat dengan bau yang khas pula. Sehingga banyak orang yang menggemari sayur daun kenikir. Daun kenikir ini mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Selain di santap dengan sambel pecel, kenikir juga enak disantap sebagai lalapan dengan sambal goreng tomat.
Selain itu, daun kenikir mempunyai banyak manfaat dan berkhasiat sebagai obat lemah lambung, dan penguat tulang. Daun kenikir mengandung 3 persen protein, 0.4 persen lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium dan vitamin A.
Para peneliti sepakat bahwa daun kenikir mampu mencegah gangguan kanker pada tubuh manusia, hal itu erat berkaitan dengan kerja senyawa antioksidan dalam mencegah kerusakan sel tubuh manusia yang disebabkan oleh radikal bebas yang berkeliaran bebas di sekitar manusia. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari Universitas Negeri Yogyakarta menemukan bahwa ekstrak daun kenikir (Tagetes erectus) bisa sebagai alternatif antibakteri Staphylococcus epidermis pada deodorant “parfume spray”.
Disamping daunnya, ternyata bunga kenikir juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bunga kenikir yang ditumbuk, lalu ditambah dengan cuka dapat digunakan sebagai tapal. Dengan penggunaan yang rutin, tapal bisa digunakan sebagai obat gondong juga pembrngkakan pada payudara. Selain bermanfaat sebagai obat, bunganya dapat digunakan sebagai pengusir serangga dengan aromanya yang khas dan menyengat.
B.    Manfaat dan Khasiat Tanaman Benalu
            Tanaman ini, termasuk dalam kelas plantae, devisi magnoliophyta, kelas magnoliophyta, ordo santalales, family dari Loranthaceae, genus dari Loranthus jacq., dan mempunyai nama ilmiah Loranthus.           Tanaman Benalu berkembang dan hidup sebagai parasit dan menempel pada dahan-dahan pohon kayu lain dan mengisap mineral yang larut dalam pohon kayu. Tumbuhan dan pohon yang ditempeli benalu banyak juga yang mati. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Biji tumbuhan ini pada buahnya menghasilkan getah seperti lem berbentuk jeli yang lengket.

           Berbeda dengan tanaman yang umumnya, tanaman benalu tumbuh dan berkembang tanpa memerlukan media tanah. Benalu memiliki bunga yang berkelamin tunggal, biji buah yang mengandung getah.
           Penyebaran tumbuhan ini terjadi dibantu oleh burung, apabila burung memakan buah dan bijinya lalu mengekskresikan pada dahan pohon, bijinya yang lengket akan menempel pada dahan pohon selanjutnya akan berkecambah dan benalu muda mulai tumbuh.
           Tanaman benalu, yang awalnya dianggap parasit bagi sebuah tanaman yang ditumpanginya ternyata memiliki khasiat bagi pengobatan yang cukup baik. Jenis tanaman ini biasanya menumpang hidup di pohon lain terutama pohon yang besar. Biasanya tanaman benalu ini hidup di pohon belimbing, duku, mangga, dll. Dengan perbedaan cara hidup, maka tanaman ini juga memiliki nama yang berbeda, tergantung dari siapa induk yang ia tumpangi. Seperti benalu pada pohon Mangga Dendropthoe  petandra. Selain itu benalu yang memiliki induk pada pohon duku dinamakan  Lorhantaceae dendrophtoe.
           Dalam proses kehidupan tanaman benalu, tumbuhan ini menggrogoti  sel tumbuhan inang. Idiom benalu sebagai pengobatan biasanya tidak digunakan tunggal, dia perlu dibantu oleh bantuan rempah-rempah lain sebagai beberapa jenis pengobatan terutama kanker. Untuk penyembuhan pada kanker, tanaman jenis ini berfungsi pada bagian menumpas sel kanker yang akan menyebar (bukan bagian akar), sehingga tanaman ini mampu dalam pengobatan kanker, jika dengan tepat.
1.   Senyawa Aktif Benalu
Senyawa aktif dalam teh benalu ini mengandung querstrin, alkaloida, saponin, flavonoid, dan tanin. Setiap kandungan ini memang sangat tergantung dari jenis pohon induk yang dia tumpangi.

2.   Zat yang Dikandung, Komposisi, dan Khasiat Obat dari Tanaman Benalu
Secara umm tanaman benalu berkhasiat sebagai obat campak. Untuk tanaman benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis (Citrus aurantifolia dari famili tumbuhan Rutaceae) dapat digunakan sebagai ramuan obat untuk penyakit amandel dan jenis tanaman benalu yang menempel pada teh sering dipakai sebagai obat anti kanker.
3.   Cara Mengola dan Meramu Benalu:
a.       Untuk Megobati Penyakit Campak
1)      Siapkan 1-2 batang benalu, dan adas pulasari secukupnya
2)      Tumbklah semua bahan tadi sampai halus
3)      Gunakanlah sebagai bedak bagi yang menderita penyakit campak.
b.      Untuk Mengobati Penyakit Tumor da Kanker
1)      Siapkan sebanyak 1-2 batang benalu yang menempel pada 1 pohon teh, 1 batang rumput alang-alang, dan adas palawaras secukupnya.
2)      Rebuslah semua bahan tadi dengan 3 gelas air
3)      Tunggulah sampai mendidih,
4)      Saringlah hasilnya
5)      Minumlah sekali sehari ½ gelas.
c.       Untuk Mengobati Sakit Amandel
1)      Siapkan 1 batang benalu yang menempel pada 1 pohon jeruk nipis, dan adas palawaras secukupnya.
2)      Rebus kedua bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih
3)      Saringlah hasilnya
4)      Minumlah 1 kali sehari ½ gelas.









DAFTAR PUSTAKA

Amoy. 2013. Manfaat Daun Kenkir Untuk Kesehatan. http://www.manfaatnya.com/manfaat-daun-kenikir-untuk-kesehatan/, diakses pada 16 April 2014 pukul 22.15
Anonim, 2013. Benalu Seputar Informasi Tanaman Parasit Sejuta Manfaat. http://ijemherbal.com/rempah/benalu/benalu-seputar-informasi-tanaman-parasit-sejuta-manfaat/, diakses pada 16 April 2014 pukul 21.56
Dleopiq. 2013. Manfaat dan Khasiat Daun Kenikir. http://dloepiq.blogspot.com/2013/01/manfaat-dan-khasiat-daun-kenikir.html, diakses pada 16 April 2014 pukul 22.18

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Unknown mengatakan...

artikelnya bagus, kita dapat mengetahui manfaat bunga kenikir dan benalu dalam kehidupan sehari-hari. bermanfaat sekali bagi pembaca.. selamat :)

Unknown mengatakan...

Ternyata kenikir banyak manfaatnya
terimakasih infonya :)

Unknown mengatakan...

ternyata kenikir dan benalu banyak manfaatnya.. maksih infonya :)

Posting Komentar